Blog pribadi berisi tips dan cara, serta Tugas" Kuliah

Insa Alloh Kami Dapat Membantu

Insa Alloh Kami Dapat Membantu

makalah Asmaul Husna Al-Hadi, Al Kholiq dan Al-Hakim Lengkap



BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Allah Swt adalah sang pencipta alam semesta ini, dialah yang mengatur segalanya begitu besar kemudian dan nikmat yang telah Allah berikan kepada setiap makhluknya. Allah Swt memiliki nama nama yang indah banyak sekali, nama-nama itu dikenal dengan Asmaul-Husna.
Sebagai makhluknya kita harus mengetahui nama-nama itu, serta memahami makna dari nama-nama tersebut. Dengan begitu kita akan semakin mengetahui begitu maha besarnya Allah Swt.
Selain mengetahui, kita harus mampu mempunyai sifat yang mencerminkan nama-nama Allah tersebut.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana memahami Asmaul-Husna (Al-Hadi, Al-Khaliq, Al-Hakim)
2.      Bagaimana memahami Asmaul-Husna( Al-Hadi, Al-Khaliq, Al-Hakim)
C.     Tujuan Penulisan
1.      Memahami makna Asmaul-Husna( Al-Hadi, Al-Khaliq, Al-Hakim)
2.      mengetahui cara meneladani Asmaul-Husna( Al-Hadi, Al-Khaliq,  Al-Hakim)
D.    Manfaat Penulisan
1.      Mengetahui makna Asmaul-Husna( Al-Hadi, Al-Khaliq, Al-Hakim)
2.      memberikan informasi cara meneladani asmaul-husna (Al-Hadi, Al-Khaliq, Al-Hakim)









BAB II
NILAI-NILAI MULIA ASMAUL HUSNA

Sebelum membahas mengenai asmaul husna terlebih dahulu kita memahami pengertian asmaul husna.
Asmaul husna berasal dari kata asma yang berarti nama, dan dan husna berarti yang baik atau yang indah. Jadi asmaul husna adalah nama-nama Allah yang paling baik lagi indah. Asmaul husna secara harfiah ialah nama-nama, sebutan, gelar Allah yang baik dan agung sesuai dengan sifat-sifatnya. Nama-nama Allah yang agung dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan kehebatan milik Allah.
Lafal asmaul husna dalam Al-qur’an terdapat dalam 4 ayat, sedangkan nama-nama Allah terdapat pada 3.207 ayat. Tiga nama Allah, yaitu Al-hafiz 9yang maha merendahkan), Al-mani (yang maha mencegah), As-sabur (yang maha sabar) dijelaskan oleh hadis nabi.
Firman Allah Swt :
ª!$# Iw tm»s9Î) žwÎ) uqèd ( ã&s! âä!$yJóF{$# 4Óo_ó¡çtø:$# ÇÑÈ
Artinya : Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. dia mempunyai Al asmaaul husna (nama-nama yang baik) (Qs. Thoha : 8).
¬!ur âä!$oÿôœF{$# 4Óo_ó¡çtø:$# çnqãã÷Š$$sù $pkÍ5 ( (#râsŒur tûïÏ%©!$# šcrßÅsù=ムþÎû ¾ÏmÍ´¯»yJór& 4 tb÷rtôfãy $tB (#qçR%x. tbqè=yJ÷ètƒ ÇÊÑÉÈ
Artinya : Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang Telah mereka kerjakan. (QS. Al-Al’rof : 180).
Sabda Nabi Muhammad Saw. :
قَالَ  النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ،: " إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ
Artinya : Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa menghafalnya ia akan masuk ke dalam sorga (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
1.      Al-hadi
a.      Pengertian al-Hadi
Al-hadi secara bahasa berarti memberi petunjuk. Allah Al-Hadi artinya Allah memberi  petunjuk kepada siapa saja yang dia kehendaki.dialah yang memberi petunjuk kepada manusia sehingga dapat membedakan baik dan buruk,bebuat amal shaleh dan beribadah dengan baik dan benar.
Dia senantiasa membimbing hamba-hambanya untuk mengikuti jalan-jalan yang diridhainya,bukan jalan yang dimurkainya demi kelangsungan hidup dari kehidupan mereka di dunia maupun ahirat.
Hasil dari petunjuk yang Allah berikan adalah iman,islam dan tauhid.
Firman Allah Swt:
}§øŠs9r& ª!$# >$$s3Î/ ¼çnyö6tã ( štRqèùÈhqsƒäur šúïÏ%©!$$Î/ `ÏB ¾ÏmÏRrߊ 4 `tBur È@Î=ôÒムª!$# $yJsù ¼çms9 ô`ÏB 7Š$yd ÇÌÏÈ `tBur Ïôgtƒ ª!$# $yJsù ¼çms9 `ÏB @e@ÅÒB 3 }§øŠs9r& ª!$# 9ƒÌyèÎ/ ÏŒ 5Q$s)ÏGR$# ÇÌÐÈ

Artinya:
“ Barangsiapa yang dibiarkan sesat oleh Allah maka tidak seorangpun yang bisa memberi petunjuk kepadanya.dan barang siapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorangpun dapat menyesatkannya.”(QS. Az-Zumar:36-37)
y7¨RÎ) Ÿw ÏöksE ô`tB |Mö6t7ômr& £`Å3»s9ur ©!$# Ïöku `tB âä!$t±o 4 uqèdur ãNn=÷ær& šúïÏtFôgßJø9$$Î/ ÇÎÏÈ
Artinya:
“Sungguh engkau( muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi allah memberi petunjuk kepada orang yang dia kehendaki, dan lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.”(QS.Al-Qasas:56)
b.      Meneladani sifat Allah Al-Hadi
a)      Meyakini bahwa petunjuk  allah banyak sekali
b)      Meyakini bahwa agama merupakan petunjuk atau hidayah tertinggi
c)      Memberi petunjuk kepada orang lain dengan sungguh-sungguh
d)     Membimbing diri sendiri dan orang lain agar istiqomah berpijak dijalan yang benar
2.      Al-khaliq
a.      Pengertian
Al-Khaliq secara bahasa berasal dari kata”khalaq” atau “khalaqa” yang berarti mengukur atau memperhalus.kemudian, makna ini berkembang dengan arti menciptakan tanpa contoh sebelumnnya.
Al-Khaliq berati Allah adalah pencipta semua makhluk yang ada di semesta ini. Allah menciptakan makhluk dengan wujud yang sempurna dan sebaik-baiknya bentuk. Tidak ada yang diciptakan Allah dengan kebetulan. Semua ada maksud,tujuan dan manfaatnya.tidak ada penciptaan yang sia-sia. Sebagai pencipta, Allah tidak membutuhkan apapun dari makhluknya.
Firman allah swt:
uqèd ª!$# ß,Î=»yø9$# äÍ$t7ø9$# âÈhq|ÁßJø9$# ( ã&s! âä!$yJóF{$# 4Óo_ó¡ßsø9$# 4 ßxÎm7|¡ç ¼çms9 $tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur ( uqèdur âƒÍyèø9$# ÞOŠÅ3ptø:$# ÇËÍÈ
Artinya:
“Dialah Allah yang menciptakan,yang mengadakan yang membentuk rupa,yang mempunyai nama –nama Allah yang baik. Bertasbih kepadanya apa yang ada dilangit dan dibumi. Dan dialah yang maha perkasa lagi maha bijaksasna.”(QS.Al-Hasyr:24).
b.      Meneladani sifat Allah Al-Khaliq
1.      Meyakini bahwa allah maha menciptakan semua makhluk di alam semesta ini
2.      Meyakini bahwa allah maha menakdirkan kepada seluruh makhluk yang diciptakannya
3.      Mejauhkan diri dari menyekutukannya
4.      Dapat menghindarkan diri dari sifat sombong dan angkuh
5.      Menimbulkan ketenangan didalam hati seorang mukmin
6.      Mendorong untuk lebih meningkatkan keimanan kepada allah
3.      Al-Hakim
a.      pengertian
Salah satu Asma’ul Husna adalah Al-Hakim. Artinya, Yang memiliki hikmah yang tinggi dalam penciptaan-Nya dan perintah-perintah-Nya, Yang memperbagus seluruh makhluk-Nya. Sebagaimana firman-Nya:
zNõ3ßssùr& Ïp¨ŠÎ=Îg»yfø9$# tbqäóö7tƒ 4 ô`tBur ß`|¡ômr& z`ÏB «!$# $VJõ3ãm 5Qöqs)Ïj9 tbqãZÏ%qムÇÎÉÈ
Artinya :  Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ? (QS. Al-Maidah : 50)
Maka, Allah l tidak akan menciptakan sesuatu yang sia-sia dan tidak akan mensyariatkan sesuatu yang tiada manfaatnya.
b.      meneladani sifat Allah Al-Hakim
1.      Memperdalam ilmu pengetahuan
2.      Bersikap bijaksana













BAB 111
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan sebelumnya , dapat disimpulkan bahwa Allah mempunyai nama-nama yang indah dan sangat banyak makna dari nama –nama tersebut. Sifat Al-Hadi, menunjukan bahwa hanya Allah yang memberi petunjuk kepada makhluknya. Petunjuk Allah ini sebenarnya diberikan kepada semua manusia, tetapi tidak semua manusia mampu menerimanya.
   Allah swt. memiliki sifat Al-Khaliq, artinya bahwa Allah yang menciptakan semua yang ada di dalam semesta ini, dia tidak membutuhkan bantuan bantuan dari siapapun untuk menciptakan semua yang ada di alam semesta ini. Allah lah sebaik-baiknya pencipta.
    Sifat Al-Hakim menunjukan bahwa Allah lah hakim yang paling bijakasana. Dia memutuskan apa yang terjadi dengan  sangat bijaksana.
B.     Saran
Berdasarkan pembahasan sebelumnya, penulis mengemukakan beberapa saran, yaitu:
1.      Hendaknya kita mengetahui bahwa sangat banyak petunjuk dari Allah, dan hendaknya kita mau menerimanya.
2.      Diharapkan dapat menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Allah, dan Allah menciptakannya dengan sebaik-baiknya dan tidak sia-sia.
3.       Setiap orang diharapkan memutuskan segala sesuatu dengan bijaksana.







DAFTAR PUSTAKA

Tag : makalah
0 Komentar untuk "makalah Asmaul Husna Al-Hadi, Al Kholiq dan Al-Hakim Lengkap"
Back To Top