BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perpustakaan merupakan sistem
informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengolahan,
pengawetan, pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi. Perpustakaan
sebagaimana yang ada dan berkembang sekarang telah dipergunakan sebagai salah
satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi,
pelestarian khasanah budaya bangsa, serta memberikan berbagai layanan jasa
lainnya. Selain itu menurut perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah
gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan
terbitan lainnya menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan
untuk dijual.
Sebagian besar masyarakat
beranggapan bahwa perpustakaan merupakan tempat tumpukan buku tanpa mengetahui
pasti ciri dan fungsi perpustakaan. Ada beberapa ciri yang perlu diketahui oleh
masyarakat diantaranya adalah tersedianya koleksi, sarana prasarana, pustakawan
dan pengunjung serta adanya suatu unit kerja. Oleh karena itu, faktor-faktor
tersebut dapat mempengaruhi tingkat perkembangan perpustakaan, berdasarkan
jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan tersebut. Kemajuan perpustakaan
sekolah sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan prestasi belajar karena
perpustakaan sebagai penyedia informasi, khususnya bagi para siswa dalam
memenuhi kebutuhan ilmu pengatahuannya.
B.
Rumusan
Masalah
Dari latar belakang di atas, maka
pada tulisan ini kami merumuskan beberapa masalah sebagai berikut:
1.
Apa pengertian dan jenis-jenis perpustakaan?
2.
Apa fungsi dan manfaat perpustakaan?
3.
Kelebihan dan kekurangan perpustakaan itu apa?
C.
Tujuan
Tujuan dari penulisan
makalah ini adalah untuk mengetahui apa pengertian, macam-macam, fungsi,
manfaat, serta kelebihan dan kekurangan perpustakaan.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
dan Jenis-Jenis Perpustakaan
a.
Pengertian Perpustakaan
Dalam bahasa Indonesia istilah
“perpustakaan” dibentuk dari kata dasar pustaka ditambah awalan “per”
dan akhiran ”an”. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia perpustakaan
diartikan sebagai “kumpulan buku-buku”. Dalam bahasa Inggris disebut “library
yang berarti perpustakaan. Dalam bahasa Arab disebut “al-Maktabah” yang
berarti tempat menyimpan buku-buku. Sedangkan menurut istilah “Perpustakaan
merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber
informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk
kepentingan pemakai.
Menurut Sutarno NS, “Perpustakaan
adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri,
yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemekian rupa sehingga
mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca.
Adjat Sakri menjelaskan, bahwa perpustakaan adalah lembaga yang menghimpun
pustaka dan menyediakan sarana bagi orang untuk memanfaatkan koleksi pustaka
tersebut. C. Larasati Milburga, dkk mendefinisikan bahwa perpustakaan adalah
suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur
secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan
oleh pemakainya sebagai sumber informasi.
Dari beberapa pengertian di atas
dapat ditarik suatu kesimpulan pengertian perpustakaan sesecara umum
adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara
koleksi pustaka baik buku-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur,
diorganisasikan dan diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberi
kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi.
b.
Jenis-Jenis Perpustakaan
Ditinjau dari skala kegiatan dan
jangkauan penggunaannya, serta jenis koleksi yang ada didalamnya, perpustakaan
di bedakan jenisnya sebagai berikut :
a)
Perpustakaan Nasional
Perpustakaan nasional adalah
perpustakaan yang dikelola pemerintah pada tingkat nasional dan berfungsi
sebagai perpustakaan nasional
b)
Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah yang
dibiayai dari dana umum, baik sebagian
atau seluruhnya, terbuka untuk masyarakat umum tanpa membeda-bedakan
usia,jenis kelamin, kepercayaan, agama, ras, pekerjaan, keturunan, serta
memberikan, layanan cuma-cuma untuk umum.
c)
Perpustakaan Sekolah, Anak, dan Remaja
Perpustakaan jenis ini adalah
perpustakaan yang berada di sekolah dengan fungsi utama membantu tercapainya
tujuan sekolah serta dikelola oleh sekolah yang bersangkutan. Dari mulai taman
kanak-kanak sampai sekolah lanjutan atas.
d)
Perpustakaan Perguruan Tinggi
Perpustakaan perguruan tinggi adalah
perpustakaan yang ada di bawah pengawasan dan dikelola oleh perguruan tinggi
dengan tjuan utama membantu perguruan tinggi tersebut mencapai tujuannya.
e)
Perpustakaan Khusus
Perpustakaan khusus adalah
perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat referal dan penelitain serta sarana
memperlancar pelaksanaan tugas suatu instansi, atau lembaga tertentu, seperti
perpustakaan yang berada dibawah naungan perusahaan, departemen dan lembaga
penelitian, pusat informasi dan dokumen, lembaga-lembaga swasta, dan
sebagainya.
2.
Fungsi
dan Manfaat Perpustakaan
a. Fungsi
Perpustakaan
Perpustakaan sekolah
merupakan bagian penting dari program penyelengaraan pendidikan tingkat sekolah
yang memiliki fungsi untuk mendukung penyelenggaraan perpustakaan sekolah.
Menurut Yusuf (2005:4) perpustakaan sekolah memiliki empat fungsi umum yaitu :
1. Fungsi
Edukatif yaitu secara keseluruhan segala fasilitas, sarana dan prasarana
perpustakaan sekolah, terutama koleksi dapat membantu murid dalam proses belajar.
2. Fungsi
Informatif dari perpustakaan sekolah adalah mengupayakan penyediaan koleksi
yang bersifat memberi tahu akan hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan
guru dan murid.
3. Fungsi
Kreasi, bukan merupakan fungsi utama, namun sangat penting kedudukannya dalam
upaya peningkatan intelektual dan inspirasi.
4. Fungsi
Riset, membuat koleksi yang ada di perpustakaan sekolah menjadi bahan riset
atau penelitian sederhana.
Kemudian, secara umum
fungsi dari perpustakaan adalah sebagai berikut :
1. Fungsi
informasi, yaitu perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi
bahan cetak, terekam, maupun koleksi lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan
masyarakat sekolah.
2. Fungsi
pendidikan. Perpustakaan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan dan
menerapkan tujuan pendidikan
3. Fungsi
kebudayaan. Perpustakaan sebagai sarana peningkatan mutu kehidupan dan menumbuhkan
budaya membaca.
4. Fungsi
rekreasi. Perpustakaan sebagai sarana untuk pemanfaatan waktu lenggang dengan
bacaan yang bersifat rekreatif dan hiburan yang positif
5. Fungsi
penelitian. Perpustakaan memiliki koleksi-koleksi untuk menunjang kegiatan
penelitian.
6. Fungsi
deposit. Perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan karya-karya, baik
cetak maupun noncetak, yang diterbitkan di wilayah indonesia.
b. Manfaat
perpustakaan
Menurut
Cella (2012) manfaat dari keberadaan perpustakaan sekolah adalah merangsang
minat baca baik pada guru dan siswa, merupakan sumber literatur yang paling
dekat, perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan sumber pembelajaran
menulis. Selain itu manfaat dari
perpustakaan diantaranya sebagai berikut :
a.
Mempercepat penguasaan teknik membaca
b.
Melatih perserta belajar pada arah
tanggungjawab ilmiah dan teknologi
c.
Membantu guru untuk
menemukan sumber-sumber pengajaran.
d.
Membantu seluruh elemen pendidikan dalam
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.
e.
Membantu perserta didik dalam kelancaran
tugas-tugas belajarnya.
f.
Menanamkan kebiasaan belajar mandiri
oleh peserta didik tanpa bimbingan guru secara langsung.
g.
Menimbulkan kecintaan peserta didik
terhadap kegiatan pengetahuan, baik yang telah dipelajari maupun yang belum
dipelajari.
Selain itu pemanfaatn
perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan ketarampilan
sebagai berikut (acshin, 1986) :
1. Keterampilan
mengumpulkan informasi, yang meliputi
a. Mengenal
sumber informasi dan pengetahuan.
b. Menentukan
lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara
menggunakan katalog dan indeks
c. Menggunakan
bahan pustaka baru, bahan referensi seperti ensiklopedi, kamus, buku tahunan
dan lain-lain.
2. Keterampilan
mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti
a. Memilih
informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah.
b. Mendokumentasi
sumber dan informasinya.
3. Keterampilan
menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi seperti:
a. Memahami
bahan yang dibaca.
b. Membedakan
antara fakta dan opini.
c. Menginterpretasi
informasi baik yang saling mendukung maupun yang berlawanan.
4. Keterampilan
menggunakan informasi, seperti:
a. Memanfaatkan
intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah.
b. Menggunakan
informasi dalam diskusi.
c. Menyajikan
informasi dalam bentuk tulisan
3.
Kelebihan
dan Kekurangan Perpustakaan
a.
Kelebihan Perpustakaan
1.
Sebagai tempat pencarian informasi/ sumber belajar
yang murah dan lengkap
2.
Tempat yang nyaman dan kondusif untuk belajar
3.
Memungkinkan untuk dapat belajar dalam waktu yang lama,
karena buku dapat dipinjam
4.
Kebanyakan buku adalah hasil tulisan/ penelitian para
ilmuwan, sehingga tingkat kebenarannya tinggi
5.
Buku sebagai media belajar yang berupa kertas,
mempunyai keuntungan yaitu praktis dan mudah dibawa
6.
Pemandu perpustakaan membantu kita dalam pencarian
buku referensi, sehingga lebih efisien
b. Kelemahan Perpustakaan
1) Terbatasnya
jam operasional perpustakaan
2) Kurang
perawatan terhadap buku-buku, sehingga buku mudah rusak karena sering dipinjam
3) Penataan
buku-buku yang kurang teratur sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mencari
4) Stok buku
terbatas, sehingga harus menunggu buku dikembalikan oleh peminjam sebelumnya
5) Sumber
informasi berdasarkan tingkat kebutuhan penggunanya
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
a. Perpustakaan
adalah adalah suatu
unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara
koleksi pustaka baik buku-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur,
diorganisasikan dan diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberi
kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi.
Kemudian jenis-jenis perpustakaan yaitu perpustakaan umum, perpustakaan
anak,dan remaja, perpustakaan perguruan tinggi dan sebagainya.
b. Fungsi
dan manfaat perpustakaan di antaranya : fungsi edukatif, informatif dan kreasi.
Manfaatnya membantu perserta didik dalam kelancaran tugas-tugas belajarnya, menanamkan
kebiasaan belajar mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru secara
langsung, menimbulkan kecintaan peserta didik terhadap kegiatan pengetahuan,
baik yang telah dipelajari maupun yang belum dipelajari dan sebagainya.
c. Kelebihan
dan kelemahan perpustakaan adalaht terbatasnya jam operasional
perpustakaan, kurang perawatan terhadap buku-buku, sehingga buku mudah rusak
karena sering dipinjam, penataan buku-buku yang kurang teratur sehingga
memerlukan waktu yang lama untuk mencari,dan kelebihannya perpustakaan sebagai
tempat pencarian informasi/ sumber belajar yang murah dan lengkap, tempat yang
nyaman dan kondusif untuk belajar, memungkinkan untuk dapat belajar dalam waktu
yang lama, karena buku dapat dipinjam dan lain sebagainya.
B.
Saran
Sebagai mahasiswa kita harus sebaik-baiknya
menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar, agar meningkatnya minat baca
dan terciptanya wawasan yang lebih luas, karena membaca adalah kunci membuka
dunia. Selanjutnya penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam menyusun
makalah ini maka penulismengharapkan kritik dan saran yang membangun agar
terciptanya makalah yang lebih baik, agar menjadi referensi bagi kita semua.
0 Komentar untuk "makalah perpustakaan"