Blog pribadi berisi tips dan cara, serta Tugas" Kuliah

Insa Alloh Kami Dapat Membantu

Insa Alloh Kami Dapat Membantu

makalah perpustakaan



BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian dan Jenis-Jenis Perpustakaan
a.       Pengertian Perpustakaan
Dalam bahasa Indonesia istilah “perpustakaan” dibentuk dari kata dasar pustaka ditambah awalan “per” dan akhiran ”an”. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia perpustakaan diartikan sebagai “kumpulan buku-buku”. Dalam bahasa Inggris disebut “library yang berarti perpustakaan. Dalam bahasa Arab disebut “al-Maktabah” yang berarti tempat menyimpan buku-buku. Sedangkan menurut istilah “Perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.
Menurut Sutarno NS, “Perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemekian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca. Adjat Sakri menjelaskan, bahwa perpustakaan adalah lembaga yang menghimpun pustaka dan menyediakan sarana bagi orang untuk memanfaatkan koleksi pustaka tersebut. C. Larasati Milburga, dkk mendefinisikan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.
Dari beberapa pengertian di atas dapat ditarik suatu kesimpulan pengertian perpustakaan sesecara umum adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur, diorganisasikan dan diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberi kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi.
b.      Jenis-Jenis Perpustakaan
Ditinjau dari skala kegiatan dan jangkauan penggunaannya, serta jenis koleksi yang ada didalamnya, perpustakaan di bedakan jenisnya sebagai berikut :
a)      Perpustakaan Nasional
Perpustakaan nasional adalah perpustakaan yang dikelola pemerintah pada tingkat nasional dan berfungsi sebagai perpustakaan nasional
b)      Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah yang dibiayai dari dana umum, baik sebagian  atau seluruhnya, terbuka untuk masyarakat umum tanpa membeda-bedakan usia,jenis kelamin, kepercayaan, agama, ras, pekerjaan, keturunan, serta memberikan, layanan cuma-cuma untuk umum.
c)      Perpustakaan Sekolah, Anak, dan Remaja
Perpustakaan jenis ini adalah perpustakaan yang berada di sekolah dengan fungsi utama membantu tercapainya tujuan sekolah serta dikelola oleh sekolah yang bersangkutan. Dari mulai taman kanak-kanak sampai sekolah lanjutan atas.
d)     Perpustakaan Perguruan Tinggi
Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang ada di bawah pengawasan dan dikelola oleh perguruan tinggi dengan tjuan utama membantu perguruan tinggi tersebut mencapai tujuannya.
e)      Perpustakaan Khusus
Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat referal dan penelitain serta sarana memperlancar pelaksanaan tugas suatu instansi, atau lembaga tertentu, seperti perpustakaan yang berada dibawah naungan perusahaan, departemen dan lembaga penelitian, pusat informasi dan dokumen, lembaga-lembaga swasta, dan sebagainya.
2.      Fungsi dan Manfaat Perpustakaan
a.       Fungsi Perpustakaan
Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari program penyelengaraan pendidikan tingkat sekolah yang memiliki fungsi untuk mendukung penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Menurut Yusuf (2005:4) perpustakaan sekolah memiliki empat fungsi umum yaitu :
1.      Fungsi Edukatif yaitu secara keseluruhan segala fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan sekolah, terutama koleksi dapat membantu murid  dalam proses belajar.
2.      Fungsi Informatif dari perpustakaan sekolah adalah mengupayakan penyediaan koleksi yang bersifat memberi tahu akan hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan guru dan murid.
3.      Fungsi Kreasi, bukan merupakan fungsi utama, namun sangat penting kedudukannya dalam upaya peningkatan intelektual dan inspirasi.
4.      Fungsi Riset, membuat koleksi yang ada di perpustakaan sekolah menjadi bahan riset atau penelitian sederhana.
Kemudian, secara umum fungsi dari perpustakaan adalah sebagai berikut :
1.      Fungsi informasi, yaitu perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak, terekam, maupun koleksi lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekolah.
2.      Fungsi pendidikan. Perpustakaan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menerapkan tujuan pendidikan
3.      Fungsi kebudayaan. Perpustakaan sebagai sarana peningkatan mutu kehidupan dan menumbuhkan budaya membaca.
4.      Fungsi rekreasi. Perpustakaan sebagai sarana untuk pemanfaatan waktu lenggang dengan bacaan yang bersifat rekreatif dan hiburan yang positif
5.      Fungsi penelitian. Perpustakaan memiliki koleksi-koleksi untuk menunjang kegiatan penelitian.
6.      Fungsi deposit. Perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan karya-karya, baik cetak maupun noncetak, yang diterbitkan di wilayah indonesia.
b.      Manfaat perpustakaan
Menurut Cella (2012) manfaat dari keberadaan perpustakaan sekolah adalah merangsang minat baca baik pada guru dan siswa, merupakan sumber literatur yang paling dekat, perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan sumber pembelajaran menulis. Selain itu  manfaat dari perpustakaan diantaranya sebagai berikut :
a.    Mempercepat penguasaan teknik membaca
b.    Melatih perserta belajar pada arah tanggungjawab ilmiah dan teknologi
c.    Membantu guru  untuk  menemukan sumber-sumber pengajaran.
d.   Membantu seluruh elemen pendidikan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.
e.    Membantu perserta didik dalam kelancaran tugas-tugas belajarnya.
f.     Menanamkan kebiasaan belajar mandiri oleh peserta didik tanpa bimbingan guru secara langsung.
g.    Menimbulkan kecintaan peserta didik terhadap kegiatan pengetahuan, baik yang telah dipelajari maupun yang belum dipelajari.
Selain itu pemanfaatn perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan ketarampilan sebagai berikut (acshin, 1986) :
1.      Keterampilan mengumpulkan informasi, yang meliputi
a.       Mengenal sumber informasi dan pengetahuan.
b.      Menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks
c.       Menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti ensiklopedi, kamus, buku tahunan dan lain-lain.
2.      Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti
a.       Memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah.
b.      Mendokumentasi sumber dan informasinya.
3.      Keterampilan menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi seperti:
a.       Memahami bahan yang dibaca.
b.      Membedakan antara fakta dan opini.
c.       Menginterpretasi informasi baik yang saling mendukung maupun yang berlawanan.
4.      Keterampilan menggunakan informasi, seperti:
a.       Memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah.
b.      Menggunakan informasi dalam diskusi.
c.       Menyajikan informasi dalam bentuk tulisan
3.      Kelebihan dan Kekurangan Perpustakaan
a.       Kelebihan Perpustakaan
1.      Sebagai tempat pencarian informasi/ sumber belajar yang murah dan lengkap
2.      Tempat yang nyaman dan kondusif untuk belajar
3.      Memungkinkan untuk dapat belajar dalam waktu yang lama, karena buku dapat dipinjam
4.      Kebanyakan buku adalah hasil tulisan/ penelitian para ilmuwan, sehingga tingkat kebenarannya tinggi
5.      Buku sebagai media belajar yang berupa kertas, mempunyai keuntungan yaitu praktis dan mudah dibawa
6.      Pemandu perpustakaan membantu kita dalam pencarian buku referensi, sehingga lebih efisien
b.      Kelemahan Perpustakaan
1)      Terbatasnya jam operasional perpustakaan
2)      Kurang perawatan terhadap buku-buku, sehingga buku mudah rusak karena sering dipinjam
3)      Penataan buku-buku yang kurang teratur sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mencari
4)      Stok buku terbatas, sehingga harus menunggu buku dikembalikan oleh peminjam sebelumnya
5)      Sumber informasi berdasarkan tingkat kebutuhan penggunanya








0 Komentar untuk "makalah perpustakaan"
Back To Top