Pengertian evaluasi pembelajaran.
Menurut bahasa, evaluasi berasal
dari bahasa inggris dari kata evaluation yang berarti penilaian. Evaluasi
adalah memberikan suatu nilai, harga terhadap sesuatu dengan menggunakan
criteria tertentu. Criteria yang di maksud adalah criteria yang bersifat
kualitatif maupun kuantitatif.
G.W. Brown mengemukakan bahwa
evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses di dalam menentukan nilai dari
pada sesuatu.
Webster’s dictionary mengemukakan
bahwa evaluasi adalah suatu upaya untuk menentukan nilai atau untuk menafsirkan
suatu secara hati-hati.
Berdasarkan penjelasan yang
terkandung dalam defenisi diatas, menunjukkan kepada kita bahwa dalam melakukan
evaluasi harus di lakukan secara hati-hati, telii, dan bertanggung jawab,
sehingga mau tidak mau juga harus menggunakan strategi dan teknik yang juga
dapat di pertanggung jawabkan.
Sedangkan menurut istilah ada
beberapa defenisi tentang evaluasi yang di kemukakan para ahli diantaranya
adalah :
1. Menurut
Suharsimi Arikunto:
Evaluasi
adalah kegiatan menilai dalam kegiatan pendidikan yang berorentasi pada proses
perkembangan yang telah di capai anak didik setelah mengalami proses pendidikan
dalam waktu tertentu.
1.
Menurut Wayan Nurkancana:
Evaluasi
adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari pada
sesuatu dalam dunia pendidikan atau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan
pendidikan.
2.
Menurut Hasrun Harahap:
Evaluasi adalah suatu kegiatan
yang dilakukan dalam rangka memberikan penilaian terhadap perkenbangan dan
kemajuan murid yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajar yang disajikan
kepada mereka serta nilai-nilai yang terhadap kurikulum.
Kedudukan Evaluasi Pembelajaran dalam
Pendidikan
Kedudukan evaluasi dalam belajar dan pembelajaran sungguh sangat penting,
dan bahkan dapat dipandang sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan
keseluruhan proses belajar dan pembelajaran. Penting karena dengan evaluasi
diketahui apakah belajar dan pembelajaran tersebut telah mencapai tujuan
ataukah belum. Dengan evaluasi juga akan diketahui faktor-faktor apa saja yang
menjadikan penyebab belajar dan pembelajaran tersebut berhasil
dan faktor-faktor apa saja yang menjadikan penyebab belajar dan pembelajaran
tidak atau belum berhasil. Tidak hanya itu, dengan evaluasi juga diketahui
dimanakah letak kegagalan dan kesuksesan belajar dan pembelajaran. Padahal
diketahuinya hal tersebut, akan dapat dijadikan sebagai titik tolak dalam
mengadakan perbaikan belajar dan pembelajaran.
Pada proses pendidikan
evaluasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dan pembentukan
kompetensi yang dilakukan, serta untuk mengetahui apakah kompetensi dasar dan
tujuan-tujuan yang telah dirumuskan dapat dicapai oleh peserta didik melalui
pembelajaran.
Sistem Evaluasi
Adalah suatu sistem penilaian yang dilakukan
untuk mengetahui pengetahuan dan kecakapan mahasiswa dalam menerima, memahami
dan menalar bahan study yang diberikan sesuai dengan kurikulum dan silabus yang
telah ditetapkan serta untuk mengetahui perubahan sikap dan keterampilan
mahasiswa
0 Komentar untuk "pengertian evaluasi pembelajaran"