Fungsi-fungsi Supervisi (Pengawasan) dalam Pendidikan dan Fungsi-fungsi Menurut Para Ahli
Fungsi-fungsi
supervisi dalam pendidikan perlu diketahui oleh pemimpin pendidikan
yaitu kepala sekolah, para guru dan pegawai lainnya. Fungsi pengawasan
atau supervisi dalam pendidikan bukan hanya sekedar control melihat
apakah segala kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau
program yang telah di gariskan, tetapi lebih dari itu. Berikut adalah
fungsi-fungsi pengawasan atau supervisi dalam pendidikan :
1. Dalam Bidang Kepemimpinan
a. Menyusun rencana dan policy bersama
b. Mengikutsertakan anggota-anggota kelompok (guru-guru, pegawai) dalam berbagai kegiatan.
c. Membrikan bantuan kepada anggota kelompok dalam menghadapi dan memecahkan persoalan-persoalan.
d. Membangkitkan dan memupuk semangat kelompok, atau memupuk moral yang tinggi kepada anggota kelompok.
e. Mengikutsertakan semua anggota dalam menetapkan putusan-putusan.
f. Membagi wewenang dan tanggung jawab kepada anggota kelompok, sesuai dengan fungsi-fungsi dan kecakapan masing-masing.
g. Mempertinggi daya kreatif pada anggota kelompok.
h. Menghilangkan
rasa malu dan rasa rendah diri pada anggota kelompok sehingga mereka
berani mengemukakan pendapat demi kepentingan bersama.
2. Dalam Hubungan Kemanusiaan
a. Memanfaatkan
kekeliruan ataupun kesalahan-kesalahan yang dialaminya untuk dijadikan
pelajaran demi perbaikan selanjutnya, bagi diri sendiri maupun anggota
kelompoknya.
b. Membantu
mengatasi kekurangan ataupun kesulitan yang dihadapi anggota kelompok,
seperti dalam hal kemalasan, merasa rendah diri, acuh tak acuh,
pesimistis dan lain sebagainya.
c. Mengarahkan anggota kelompok kepada sikap-sikap yang demokratis.
d. Memupuk rasa saling menghormati di antara sesama anggota kelompok dan sesama manusia.
e. Menghilangkan rasa curiga antara sesama anggota kelompok.
3. Dalam Pembinaan Proses Kelompok
a. Mengenal masing-masing pribadi anggota kelompok, baik kelemahan maupun kemampuan masing-masing.
b. Menimbulkan dan memelihara sikap percaya antar anggota kelompok maupun antar anggota dan pimpinan.
c. Memupuk saling tolong menolong sesama anggota.
d. Memperbesar rasa tanggung jawab para anggota kelompok.
e. Bertindak bijaksana dalam menyelesaikan pertentangan atau perselisihan pendapat di antara anggota kelompok.
f. Menguasai teknik-teknik memimpin rapat dan pertemua-pertemuan lainnya.
4. Dalam Bidang Administrasi Personal
a. Memilih personel yang memiliki syarat-syarat dan kecakapan yang diperlukan untuk suatu pekerjaan.
b. Menempatkan personel pada tempat dan tugas yang sesuai dengan kecakapan dan kemampuan masing-masing.
c. Mengusahakan susunan kerja yang menyenangkan dan meningkatkan daya kerja serta hasil maksimal.
5. Dalam Bidang Evaluasi
a. Menguasai dan memahami tujuan-tujuan pendidikan secara khusus dan terinci.
b. Menguasai dan memiliki norma atau ukuran yang akan di gunakan sebagai nkriteria penilaian.
c. Menguasai
teknik-teknik pengumpulan data untuk memperolah data yang lengkap,
benar, dan dapat diukur menurut norma-norma yang ada.
d. Menafsirkan
dan menyimpulkan hasil-hasil penilaian sehingga mendapat gambaran
tentang kemungkinan-kemungkinan untuk mengadakan perbaikan-perbaikan.
e. Fungsi-fungsi supervisi (pengawas) dalam pendidikan menurut para ahli
0 Komentar untuk "fungsi suvervisi pendidikan"